BLOGGER TEMPLATES AND Google Homepages »

Minggu, 13 Mei 2012

CREATOR, FOLLOWER OR PARASITE ???

Selama kita hidup begitu banyak berbagai macam orang yang pernah kita temui dan banyak juga yang kita kenal dengan baik sehingga kita tau bagaimana sifat orang tersebut. Diantara berbagai macam orang tersebut ada orang yang bisa menjadi si pembawa keberuntungan bagi kita, ada juga yang bisa menjadi pembawa keberuntungan sekaligus kerugian dan yang terakhir ada juga orang yang hanya bisa menjadi si pembawa kerugian bagi kita. Orang-orang ini dapat kita bagi menjadi 3 macam yaitu sang creator, sang follower dan sang parasite.

Sang creator adalah orang yang menciptakan hal baru dan mengerti bagaimana cara mencari kesempatan diiringi dengan usaha yang keras serta disiram dengan doa sehingga muncul sebuah hasil yang baik dan banyak membawa hal positif bagi banyak orang. Orang dengan tipe creator adalah orang yang tidak mudah menyerah dan sangat menghindari ketergantungan bantuan dari orang lain karena orang ini lebih banyak memikirkan bagaimana cara mencari jalan keluar yang baik untuk banyak orang dari pada mencari jalan keluar yang baik hanya untuk dirinya sendiri. Sehingga secara tidak sadar dia telah menaikkan derajat kesuksesannya maka orang-orang tipe creator lebih banyak yang menjadi seorang pemimpin dalam kelompoknya. Orang-orang seperti inilah yang dapat membawa keberuntungan bagi kita, bukan hanya dalam hal financial saja tapi bisa membawa keberuntungan ketika kita sedang berada dalam kondisi yang buruk, maka orang ini adalah tempat yang paling tepat untuk mencari solusi karena creator punya sisi pemikiran yang lebih maju dan positif, karena orang ini bukan orang yang takut dan malas mencoba sesuatu tapi sebaliknya mencoba sesuatu yang baru beserta resikonya menjadikan hal itu pengalaman yang paling baik dalam hidupnya sehingga ketika dia jatuh dia akan selangkah lebih berani untuk bangun kembali.

Thomas Alve Edison

 Bisa kita lihat banyak tokoh masyarakat ataupun orang-orang terkenal yang masuk dalam tipe ini seperti penemu lampu pijar listrik pertama yaitu Thomas Alva Edison yang awalnya hanya dianggap anak yang tergolong bodoh dan lambat dalam menyerap pendidikan disekolah ternyata dapat menjadi seorang penemu yang dapat menciptakan 1.039 hak paten atas semua penemuannya. Thomas Alva Edison adalah orang yang gigih, dengan bantuan ibunya yang seorang guru dia belajar banyak hal dan Thomas termasuk orang yang punya rasa ingin tahu yang beasar sehingga apa yang diajarkan ibunya dalam bidang sains, selalu ada yang ingin dibuktikannya dengan berbagai percobaan dan di umurnya yang masih baelia dia sudah berusaha mencari uang sendiri untuk membiayai semua percobaan ilmiahnya di laboratorium sederhana yang dia ciptakan diruang bawah tanah, dari menjadi seorang penjual koran diatas kereta api untuk membiayai semua penelitiannya, beliau pun menjual hasil percobaan ilmiahnya kepada perusahaan-perusahaan. Perjuangan Thomas Alva Edison inilah yang kita bisa jadikan contoh yang baik :) untuk menjadi creator bukan hanya dibutuhkan usaha, kesempatan dan doa tapi juga keyakinan yang tinggi. Walaupun penemu lampu pijar ini banyak disepelekan terutama saat beliau mengecap pendidikan sekolah yang hanya bertahan selama 3 bulan, tetapi Thomas tidak berkecil hati, beliau malah menjadi panutan bagi banyak orang didunia agar tidak menyerah hanya karena sebuah kalimat yang menjatuhkan malah menjadikan kalimat-kalimat itu motivasinya untuk menjadi orang yang baik dan berguna bagi banyak orang :).


Selanjutnya adalah sang follower yaitu orang yang mengikuti jejak creator atau orang yang mengikuti apa yang menurutnya sesuai dengan apa yang dia inginkan dan yang menurutnya adalah wilaya yang aman baginya. Orang tipe ini bisa saja menjadi si pembawa keberuntungan sekaligus si pembawa kerugian  karena follower dapat memberi dua dampak bagi kita yaitu positif dan negatif. Karena ketika follower suka dengan kita maka dia akan menjadi teman yang baik bagi kita dan malah sering membantu kita walaupun kurang memberikan jalan keluar yang pas , dikarenakan sang follower ini adalah orang yang lebih senang berada dalam jalur yang aman, yang tidak seberani creator dalam mengambil tindakan yang mempunyai resiko baginya, follower dapat memberikan efek negatif juga ketika sang follower sedang menjiplak atau mengikuti suatu karya orang lain tanpa ijin dari si empunya karya. Hal seperti ini memang menyebalkan karena terkadang perilaku follower yang seperti inilah yang harus kita perbaiki. Walupun tidak semua follower seperti itu namun follower adalah orang yang masih mau berusaha walaupun itu harus sedikit bergantung pada orang lain yang telah bisa melakukan hal yang ingin dia lakukan, tetapi walaupun masih ada sedikit usaha kan lebih baik jiga kita usaha sepenuhnya dengan sungguh-sungguh sehingga menghasilkan yang terbaik :)

Contoh follower adalah masyarakat Cina yang terkenal dapat membuat barang-barang replika atau tiruan dari berbagai negara yang seharusnya mempunyai harga jual mahal untuk barang aslinya tetapi masyarakat RRC dapat membuat barang yang sama dengan kualitas yang hampir sama namun harganya sangat terjangkau bagi masyarakat yang tadinya tidak mampu membeli barang tersebut. Ini memang jelas merugikan bagi produsen barang original atau asli, namun ini dapat menjadi hal menguntungkan bagi masyarakat biasa yang ingin menikmati barang yang sama dengan harga yang sangat terjangkau.


Terakhir adalah Sang parasite yaitu orang yang hanya menjadi pembawa kerugian bagi siapa saja, karena orang ini biasanya tidak mau berusaha namun ingin mendapatkan hasil yang sempurnya, orang ini juga menjadi contoh egoistisme seorang manusia. Sang parasite tidak mau bersusah payah untuk menjalani kehidupan sehingga orang seperti ini biasanya menempel pada orang-orang yang bisa diandalkan ketika si parasite ini membutuhkan bantuan. Orang ini memang selalu mengandalkan orang lain, sehingga yang diandalkan pun terkadang menjadi kesal dan lama kelamaan orang seperti ini pun perlaha-lahan akan dijauhi sekaligus disingkirkan oleh lingkungannya. Sang parasite hanya mengambil keuntungan dari orang yang diandalkannya tanpa memberi suatu keuntungan sedikitpun, tidak jauh berbeda dengan benalu yang ada di pohon yang sering kita temui sehingga inilah yang menjadi simbol keegoisan manusia. Ini adalah hal yang buruk karena merugikan orang lain bukan perbuatan yang terpuji dan tidak membawa kebaikan bagi banyak orang. Orang dengan tipe seperti ini harus bisa menyadari ketidak baikan dari perilakunya sedini mungkin sebelum disingkirkan dari lingkungannya. Contoh tipe parasite saya ambil dari kehidupan sehari-hari yaitu kita sering kali menemukan teman dalam kehidupan pendidikan atau pekerjaan bahwa ada orang yang ketika mendapatkan suatu tugas atau tanggungjawab dia hanya akan menghindarinya karena malas dan tidak mau bersusah payah namun malah mengerjakan kegiatan senang-senang yang bukan menjadi tanggungjawab utamanya dan tidak perlu mengeluarkan usaha atau bersusah payah tetapi ketika dateline dari tugasnya telah dekat, baru orang tersebut akan mendekati orang yang diandalkan dan meminta bantuan untuk mengerjakan tugasnya dan diapun mendapatkan hasil yang baik tanpa usaha sendiri yang keras sehingga ketika tidak ada orang yang bisa diandalkan, sang parasite akan kesulitan sendiri menghadapi kewajibannya sehingga orang ini akan mundur dari tanggung jawabnya secara perlahan-lahan.


Ketiga tipe orang itupun dapat kita lihat dan dijadikan bahan cerminan bagi diri kita sendiri, masuk dalam golongan manakan kita,? CREATOR, FOLLOWER OR PARASITE?? hanya diri kita sendiri yang dapat menilai dan memilih ingin menjadi bagian dari tipe pribadi apakah kita. Semua keputusan ada ditangan kita, mau jadi pribadi yang lebih baik atau hanya diam ditempat saja. :)

 

all in your hands :D

0 komentar:

Free Heart Bow Arrow Cursors at www.totallyfreecursors.com