BLOGGER TEMPLATES AND Google Homepages »

Jumat, 30 Maret 2012

RESUME 2


PERILAKU KONSUMEN
Perilaku konsumen adalah apa yang konsumen lakukan untuk mengambil keputusan dalam kegiatan membeli suatu barang atau jasa dengan cara mencari.mengevaluasi, menilai, dan memilih barang atau jasa agar sesuai dengan yang mereka butuhkan sehingga dapat memuaskan keinginan konsumen itu sendiri.

Konsumen adalah seseorang yang menggunakan atau mengkonsumsi barang atau jasa.

Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian adalah sebagai berikut :

  1. Faktor personal : tingkat Pendapatan konsumen, kebutuhan konsumen, gaya hidup (life style), kepribadian diri, umur, pekerjaan dan pengalaman terhadap dan barang atau jasa yang dibelinya.
  2. Faktor Lingkungan : keluarga, budaya, grup tatap muka, situasi, peran dan status.
  3. Faktor Marketing Strategy : produk pasar, harga pasar, periklanan dan pendistribusian.
  4. Faktor Psikologi : Motivasi, Persepsi, dan Pembelajaran.
Terdapat pendekatan-pendekatan yang dapat dipakai untuk mempelajari tingkah laku konsumen yaitu :

  1. Teori Kardinal ( Cardinal Theory) yaitu kepuasan konsumen dapat diukur dengan suatu ukuran satuan misalnya uang, berat dan panjang.
  2. Teori Ordinal ( Ordinal Theory ) yaitu kepuasan konsumen tidak dapat diukur dengan suatu ukuran satuan atau tidak dapat dihitung tapi bisa dibandingkan misalnya kita membandingkan warna baju mana yang paling cerah untuk dibeli agar pantas ketika dipakai.
Jenis–jenis elastisitas permintaan dan penawaran :


  • ElastisitasHarga
  • ElastisitasSilang
  • ElastisitasPendapatan

0 komentar:

Free Heart Bow Arrow Cursors at www.totallyfreecursors.com