BLOGGER TEMPLATES AND Google Homepages »

Kamis, 29 Maret 2012

RESUME 1


PENENTUAN HARGA, PERMINTAAN DAN PENAWARAN

 

Didalam kegiatan ekonomi ada dua jenis kegiatan yang saling berkesinambungan dan mempengaruhi penentuan harga barang itu sendiri yaitu permintaan dan penawaran. Walaupun kedua kegiatan tersebut saling terkait namun isi dari kegiatan tersebut bertolak belakang begitupun dengan hukum yang mendukung permintaan dan penawaran. Berikut ini adalah penjelasannya :
  1. Permintaan adalah sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu yang dipengaruhi beberapa factor yaitu harga barang, selera konsumen, tingkat pendapatan konsumen, jumlah penduduk dan perkiraan harga masa depan (ekspektasi). Hukum ekonomi yang mendukung permintaan adalah bila harga barang naik maka, jumlah barang yang diminta konsumen akan turun namun jika harga barang turun, maka jumlah barang tersebut yang diminta konsumen akan naik. Dalam kegiatan permintaan ini lebih cenderung mengarah ke sudut pandang konsumen itu sendiri.
  2. Penawaran adalah sejumlah barang yang dijual atau ditawarkan pada suatu harga dan waktu tertentu yang juga dipengaruhi oleh beberapa factor yaitu Harga barang, Biaya produksi, teknologi yang digunakan, pajak, harga perkiraan masa depan. Hukum ekonomi yang mendukung penawaran adalah bila harga naik maka jumlah barang yang ditawarkan juga akan naik. Sedangkan bila harga turun, maka jumlah barang yang di tawarkan juga akan turun. Dalam penawaran lebih cenderung mengarah ke sudut pandang produsen.
Hukum ekonomi diatas tidak mutlak harus terjadi seperti itu karena dalam kondisi pasar di Indonesia tidak selalu bisa seperti hukum diatas karena bisa kita lihat ketika harga Bahan-bakar Minyak naik tidak ada penurunan permintaan dari konsumen sendiri disebabkan kebutuhan tinggi akan BBM di Indonesia sangat tinggi dalam masyarakat saat ini.

0 komentar:

Free Heart Bow Arrow Cursors at www.totallyfreecursors.com