BLOGGER TEMPLATES AND Google Homepages »

Jumat, 20 April 2012

RESUME 4


STRUKTUR PASAR

Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan kegiatan jual beli dan tawar menawar harga barang yang ada dipasar tersebut sehingga terjadi kesepakatan harga antara penjual dan pembeli.

Dalam struktur pasar terdapat 2 jenis struktur pasar yaitu :
1.      Pasar persaingan sempurna.
Yaitu pasar yang mempunyai banyak penjual dan pembeli sehingga terjadi banyak persaingan harga dan kualitas barang antara penjual dan penjual lainnya yang menjual barang yang sejenis untuk menarik para pembeli yang tentunya akan mencari barang yang murah namun berkualitas, sehingga konsumen atau pembeli pun menjadi hal yang berpengaruh juga dalam penentuan harga barang di pasar.
Contohnya : pasar induk buah dan sayur tanah tinggi, Tangerang.  Pasar beras cipinang, Jakarta.
2.      Pasar persaingan tidak sempurna.
Yaitu pasar yang mempunyai penjual atau produsen yang dapat menguasai pasar dan dapat mengendalikan harga barang produksi atau jasa di pasar.
Ada beberapa model pasar dalam pasar persaingan tidak sempurna :
A.     Pasar Monopoli.
B.      Pasar Oligoopoli.
C.     Pasar Monopolistik.

Pasar juga mempengaruhi pengoptimalan penjualan hasil produksi dari para produsen karena selain iklan atau pemasaran secara media cetak dan pertelevisian maka barang hasil produksi pun harus siap dipasarkan di pasar agar konsumen bisa dengan mudah mendapatkan barang atau jasa yang diinginkan.

0 komentar:

Free Heart Bow Arrow Cursors at www.totallyfreecursors.com