BLOGGER TEMPLATES AND Google Homepages »

Senin, 15 Oktober 2012

APLIKASI ATAU PEMANFAATAN DARI ILMU GRAFIK KOMPUTER DAN PENGOLAHAN CITRA DALAM KEHIDUPAN NYATA

Saya akan menjelaskan tentang aplikasi atau pemanfaatan dari ilmu grafik komputer dan pengolahan citra dalam kehidupan nyata, namun sebelumnya saya akan membahas tentang ilmu grafik komputer dan pengolahan citra itu sendiri.
Ilmu grafik komputer adalah salah satu cabang disiplin ilmu informatika atau ilmu komputer yang membuat data ataupun informasi dalam bidang pembuatan gambar, grafik, diagram,fisik, matematik, artistik bahkan struktur abstrak dan hal-hal sejenis lainnya dengan menggunakan komputer. 
Grafik komputer menciptakan gambar dari proses awal yaitu dengan menghubungkan berbagai garis,titik,memberi warna dan teknik menggambar lainnya sehingga terbentuklah hasil gambar yang diinginkan.
Pengolahan citra adalah salah satu cabang dari ilmu informatika atau ilmu komputer yang mengubah atau memperbaiki gambar atau suatu citra yang sudah ada menjadi suatu citra yang baru dengan menggunakan teknik tertentu dan proses pengolahan citranya pun sudah tersedia.



Contoh Aplikasi atau Pemanfaatan Ilmu Grafik Komputer :

  • Bidang Pendidikan
Dalam bidang pendidikan ini ilmu grafik komputer banyak digunakan oleh berbagai pihak dalam dunia pendidikan seperti guru/dosen, siswa/mahasiswa yang ingin mempresentasikan suatu objek yang nyata dengan menggunakan software atau aplikasi tertentu seperti power point yang dapat membuat grafik atau gambar diagram yang mempermudah proses presentasi suatu objek.
power point

Kemudian ada aplikasi paint dari windows yang dapat membuat gambar dari proses awal, aplikasi ini sudah banyak di ajarkan kepada siswa Sekolah Dasar untuk menggambar dengan menggunakan komputer.

paint
                                           
  • Bidang Perancangan.
Salah satu bidang ini merupakan bidang yang mengutamakan Ilmu Grafik Komputer karena untuk merancang suatu objek atau desain di bidang ini butuh pembuatan gambar dengan proses dari awal. Salah satu contohnya adalah arsitektur yang akan mendesain arsitektur bangunan atau bisa juga mendesain body kendaraan dengan menggunakan software desain grafis seperti auto cad, 3D MAX semuanya akan diproses secara mudah dan lebih spesifik dalam perancangan yang akan dibuat. Memperkecil tingkat kesalahan sehingga akan menghasilkan suatu model yang sama seperti aslinya.

3D MAX
  • Bidang Hiburan.
Saat ini hampir disemua bidang hiburan menggunakan banyak bantuan dari Ilmu Grafik Komputer, contohnya seperti pada film animasi yang membutuhkan pembuatan gambar dengan menggunakan komputer, begitu juga dengan games saat ini yang membutuhkan banyak bantuan komputer untuk membuat animasi, karakter dari permainan dan efek dalam permainan semua itu membutuhkan banyak grafik komputer.Contoh aplikasi pembuat animasi adalah macromedia flash.

film animasi
games
                                   


Contoh Aplikasi atau Pemanfaatan Ilmu Pengolahan Citra :


  • Bidang Photografi.

Saat ini bidang yang mungkin paling banyak digemari sebagian besar anak remaja adalah bidang photografi. Namun tidak cukup dengan hasil foto yang original dihasilkan oleh kamera, kini banyak orang yang mengolah hasil jepretan kamera dengan menggunakan banyak aplikasi pengolahan citra untuk mendapatkan hasil citra yang baru dan lebih sempurna dalam tampilannya. Salah satu contoh software pengolah citra yang sering digunakan di bidang ini adalah photoshop dan corel draw.

photoshop



  • Bidang  Kedokteran.

Dalam bidang ini banyak sekali pemanfaatan pengolahan citra yaitu salah satunya penggunaan sinar X (foto Rontgen) sangatlah membantu dokter untuk mendiagnosa suatu penyakit dalam tubuh yang tidak bisa dilihat dan didiagnosa hanya dengan kasat mata.
x-ray

  • Penginderaan Jarak Jauh / Inderaja (Remote Sensing)
Salah satu contoh aplikasi ini adalah google maps yang memungkinkan kita melihat suatu wilayah dengan menggunakan bantuan foto satelit kemudian foto tersebut telah diolah dengan menggunakan teknik pansharpening yang merupakan proses fusi antara citra pankromatik high-resolution dengan citra multipektral low-resolution untuk memperoleh citra yang lebih baik dengan kualitas high-resolution dan natural color image. 
citra panchromatic

cira multispectral

citra dengan panshrap(natural color)


Itulah contoh aplikasi dan penerapan ilmu grafik komputer dan pengolahan citra dalam kehidupan nyata yang saya dapat dari berbagai sumber kemudian saya telah terjemahkan kembali dalam cara pikir dan bahasa saya sendiri. Semoga bermanfaat bagi anda semua.



sumber :
http://nurulaisyah2.wordpress.com/2012/09/30/pemanfaatan-grafik-komputer-dan-pengolahan-citra-dalam-kehidupan-sehari-hari/
http://bimarlistanto.wordpress.com/2012/09/29/aplikasi-grafik-komputer-dan-pengolahan-citra-dalam-kehidupan-sehari-hari/
http://nela-mulsifa.blogspot.com/2012/10/implementasi-grafik-komputer-dan_4.html
http://ennynurrosniati.blogspot.com/2012/09/grafik-komputer-pengolahan-citra-dalam.html
http://pandadisco1st.blogspot.com/2012/10/implementasi-grafik-komputer-dan.html




0 komentar:

Free Heart Bow Arrow Cursors at www.totallyfreecursors.com